foto masjid di ciruasland
07
Jun

Masjid Jami Ar-Rachmat: Masjid Terbaru dari Perumahan CiruasLand

Tanggal 24 Mei 2024 menandakan Ibadah Sholat Jumat pertama di Masjid Terbaru CiruasLand, sekaligus peresmian pembukaan Masjid Jami Ar-Rachmat di Perumahan CiruasLand. Direktur Utama dari Perumahan CiruasLand, Bapak Rachmat Gunawan Subrata ikut menghadiri dan menjadi salah satu partisipan dari peresmian pembukaan Masjid Jami Ar-Rachmat di komplek Perumahan CiruasLand.

Masjid Jami Ar-Rachmat sendiri terletak sekitar 200 meter setelah gerbang utama dari Perumahan CiruasLand, tepatnya berada di sebrang dari Marketing Gallery Perumahan CiruasLand. “Kami selaku Manajemen CiruasLand mengharapkan agar Masjid Jami Ar-Rachmat ini dapat menjadi sarana ibadah bagi kaum muslim. Tidak hanya untuk penghuni dari CiruasLand saja, tetapi juga dapat digunakan secara rutin oleh masyarakat Kota Walantaka dan Kota Ciruas untuk aktivitas Ibadah” tutur Pak Rachmat Gunawan Subrata.

Masjid Jami Ar-Rachmat di Perumahan CiruasLand sendiri memiliki luas tanah hingga 225m² yang dapat menampung hingga lebih dari 100 jamaah. Masjid Jami Ar-Rachmat sendiri memiliki cukup banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh jamaah Masjid, seperti kamar mandi dan tempat wudhu, tempat parkir gratis tanpa bayar yang luas, dan juga perlengkapan di dalam Masjid seperti Al-Quran, kain sarung dan sajadah.

‘Masjid Jami Ar-Rachmat ini kami bangun dan kami isi dengan fasilitas yang sudah sewajarnya ditemukan di Masjid-Masjid besar lainnya. Saya harap sih selain sebagai tempat ibadah, Masjid Jami Ar-Rachmat ini juga bisa jadi sarana untuk komunitas atau majelis rohani seperti Remaja Masjid, bisa juga jadi fasilitas untuk Prosesi Akad Nikah, seminggu sekali ada taklim atau melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran bersama-sama juga. Yah, pokoknya aktivitas positif dan berguna deh” imbuh beliau.

Salah satu faktor terberat untuk mengurus fasilitas seperti tempat ibadah merupakan tantangan tersendiri karena tidak boleh melanggar dari kaidah-kaidah dari ajaran agama, terutama kebersihan yang melambangkan kesucian dari Masjid Jami Ar-Rachmat. “Kami juga sudah susun struktur organisasi di Masjid Jami Ar-Rachmat untuk menjaga kebersihan, keamanan dan pengelolaan segala aktivitas dari Masjid Jami Ar-Rachmat. Kami selaku manajemen dari CiruasLand akan selalu mendukung penuh segala aktivitas yang berkaitan dengan ibadah dan rohani kaum muslimin di Masjid Jami Ar-Rachmat” ujar Pak Rachmat Gunawan Subrata ketika diwawancarai secara langsung di Masjid Jami Ar-Rachmat.